KM Berkat Hilang Kontak di Perairan Ternate, Membawa Angkutan BBM 1 Ton

0

Antara

Senin, 28 Januari 2019

Kapal Motor (KM) Berkat bermuatan bahan bakar minyak (BBM) 1 ton yang memiliki rute Pulau Hiri-Batang Dua, hilang kontak di perairan Ternate, Senin (28/1/2019). Kapal itu diketahui membawa empat orang.

Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah membenarkan adanya peristiwa tersebut. Menurutnya hal ini berdasarkan laporan dari keluarga korban, di mana KM Berkat dari Pulau Hiri tak kunjung tiba di Pulau Batang Dua.

apal itu membawa 4 orang masing-masing, Beron Lette (38), Aser Lette (36), Minggus Rajalahu (45) dan Arfen Lette (9). KM Berkat tidak memiliki GPS maupun alat komunikasi radio dan bertolak dari Ternate sejak Sabtu (26/1/2019) pukul 12.00 WIT.

Dalam perjalanan menuju Batang Dua, KM Berkat dihadang cuaca buruk sehingga perahu tersebut berlindung di Pulau Hiri dan bermalam. Kemudian pada Minggu (27/1) pukul 05.00 WIT, KM Berkat memutuskan untuk kembali melanjutkan pelayaran dari Pulau Hiri menuju Batang Dua dengan estimasi tiba di Batang Dua Pada pukul 12.00 WIT. Namun hingga Senin (28/1/2019), perahu Berkat tidak kunjung sandar di Pelabuhan Batang Dua.

Selanjutnya Basarnas Ternate berkoordinasi dengan Korem 152/Babullah, Lanal Ternate, Ditpolairud Polda Malut, SROP Ternate, Orari dan Rapi untuk permintaan bantuan unsur personil serta pemapelan kepada kapal-kapal yang melintas di perairan tersebut.

Pagi tadi, KN SAR 237 Pandudewanata sudah bergerak menuju rute yang dilalui KM Berkat untuk melakukan pencarian dengan metodeĀ track line.

Sebelumnya, pada Minggu (27/1) kemarin, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate berhasil menyelamatkan sebanyak 25 penumpang dan ABK kapal Ikan Purse Seine POF XVIII rute Bitung-Ibu Halmahera yang terbakar.

Sumber : Inews.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *