35 BTS Bakal Dipasang di Pulau Terluar Malut

0

Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi berencana membangun 35 tower Base Transceiver Station (BTS) atau jaringan telekomunikasi baru di daerah terpencil seperti Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut).

Pembangunan 35 tower BTS bentuk bantuan Kementerian Komununikasi dan Informatika dan Bakti dalam meningkatkan kecepatan jaringan telekomunikasi maupun internet di wilayah Taliabu.

Kepala Dinas Kominfo Maluku Utara Gafarudin 35 BTS itu akan dibangun 2021 dan pembangunan ini melebih target yang diajukan oleh pihak dinas kepada kementerian pada tahun 2020.

“Untuk percepatan penyediaan BTS dan akses internet pada 35 lokasi di Pulau Taliabu, akan dilakukan survey oleh salah satu penyedia jasa yang ditunjuk oleh Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo,” ujarnya.

Ia berharap, dalam waktu dekat akan melakukan survei di beberapa desa yang telah diajukan pihak pemda. Namun, sebelum tim terlebih dahulu pihak Kominfo Pulau Taliabu akan melakukan pertemuan dengan pihak terkait dalam hal ini kepala desa untuk penempatan BTS tersebut.

Pembangunan BTS dan akses internet di 35 lokasi akan disebar kepada desa yang belum memiliki akses karena rencana tower akan memakai teknologi terkini yakni ada 3 model, masing-masing akan tersambung dengan kabel fiber optik.

“Kita harapkan percepatan komunikasi merupakan target Pemkab Pulau Taliabu, untuk mengentaskan wilayah blank spot atau titik kosong signal komunikasi,” ujarnya dikutip Antara.

Gafarudin berharap dengan pembangunan BTS ini, dari tahun ke tahun, jumlah wilayah blank spot semakin berkurang.

“Selain mendapatkan informasi dari luar daerah, masyarakat juga bisa mengenalkan daerahnya dan memberikan informasi keluar daerah,” katanya.

Sumber: MerahPutih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *