Minaula Kendari Bersama Universitas Muhammadiyah Malut dan Himpsi Malut Jalin Kerjsama

 Loka Minaula Kendari bersama Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (Malut) dan Himpunan Psikologi Malut jalin kerjasama Penguatan Penyelenggaraan Program Asistensi Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (ATENSI-LU) di Malut Kamis, (8/7/2021).

Bertempat di ruang rektorat Universitas Muhammadiyah Malut penandatanganan naskah kerja sama dihadiri oleh sejumlah pejabat, diantaranya Rektor Universitas Muhammadiyah Malut, Saiful Deni beserta jajarannya.

Kepala Loka Lansia Minaula Kendari, Syamsuddin, Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV (BRSODH) “Wasana Bahagia” Ternate, Udan Suheli, Ketua Himpunan Psikologi (Himpsi) Maalut, Syaiful Bahry beserta sejumlah pengurus lainnya.

Dalam sambutannya, Saiful Deni mengatakan bahwa, kerja sama atau kolaborasi antar berbagai lembaga sangat penting bagi pengembangan perguruan tinggi dan lembaga lainnya dalam hal pengabdian kepada masyarakat.

“Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Semoga dengan kerjasama sama ini kita semua termotivasi untuk memenuhi hak-hak lansia sebagaimana diamanatkan dalam UU nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia,” ujar dia.

Ditempat yang sama, Kepala Loka Lansia Minaula Kendari, Syamsuddin menjelaskan tujuan kerjasama ini dalam rangka merangkul pemangku kepentingan bagi optimalnya layanan bagi lanjut usia khususnya di Malut.

Hal ini dinilainya sudah sewajarnya, mengingat Lanjut Usia merupakan kelompok yang paling rentan terdampak bencana sehingga perlu keterlibatan berbagai pihak, diantaranya perguruan tinggi dan organisasi profesi.

“isu lanjut usia akan semakin mengemuka seiring peningkatan jumlah lanjut usia di Indonesia yang cukup tinggi. Hal ini menjadi tantangan dan tanggung jawab jawab kita bersama,” ungkap Syamsuddin.

“Kita semua berharap dengan adanya keterlibatan berbagai pihak seperti perguruan tinggi dan organisasi profesi kualitas layanan terhadap Lanjut Usia akan lebih optimal,” sambungnya.

Disebutkannya, kerjasama ini terdiri dari beberapa poin, pertama penelitian bersama terkait kebijakan dan program pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi lanjut usia di Malut.

Kedua, pengabdian masyarakat terkait dengan isu kelanjutusiaan, seperti penyuluhan tentang model dukungan psikososial bagi lansia dalam keluarga,

Pencanangan ATENSI berbasis komunitas, bimbingan teknis serta peningkatan kapasitas Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) di Malut.

Ketiga, pendampingan dan pemberdayaan potensi lansi, semisal Pemberian konseling dan pendampingan kepada keluarga yang merawat Lansia, penguatan keluarga dalam memahami dan melayani lansia di rumah, pemberian layanan dukungan psikososial dan terapi pada lansia dalam kondisi kedaruratan maupun dalam situasi bencana.

“Dengan adanya kerja sama ini, akan semakin menguatkan pelaksanaan ATENSI-LU,” imbuh dia.

Sementara itu, Ketua Himpsi Malut, Saiful menjelaskan bahwa kerja sama ini telah melalui proses komunikasi dengan Kepala Loka Lansia Minaula Kendari,agar terjadi kerjasama penelitian, pengabdian, dan pendampingan terkait kelanjutusiaan.

“Kami bersyukur hal ini dapat terlaksana dan semoga kedepannya kita dapat bekerjasama dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya lanjut usia,” tuturnya.

Sebelum Loka Lansia Minaula Kendari, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan Balai Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV sebagai narasumber konseling.

“Kedepannya kita akan lebih meningkatkan kerja sama,” tukasnya.

Sumber: DetikSultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *