Pemkot Ternate Raih Penghargaan dari BPK Perwakilan Maluku Utara

0
BPK Maluku Utara

TERNATE, OT – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku Utara (Malut), memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate karena meraih peringkat II atas penyelesaian tindakjlanjut hasil pemeriksaan dari BPK RI Perwakilan Provinsi Malut.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Malut, Hermanto dan diterima oleh Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dalam acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) semester II Tahun Anggaran 2021, dan perencanaan pemeriksaan Semester I Tahun Anggaran 2022 di kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Malut.

Kepala Inpektorat Kota Ternate, Rohani P Mahli mengatakan, progres tindak lanjut yang dicapai oleh Kota Ternate sampai saat ini, sudah diatas 80 persen.

Menurutnya, meski Kota Ternate telah menerima penghargaan, namun itu bukan berarti Pemkot tidak lagi menyelesaikan kerugian daerah.

“Pemkot melalui Tim Penyelesaian Kerugian Daerah (TPKD) masih terus berkoordinasi dengan tim BPK terkait dengan administrasi yang masih harus ditindaklanjuti,” kata Rohani.

Dia mengatakan, Pemkot masih memiliki waktu hingga akhir Januari tahun ini untuk meningkatkan presentase tindaklanjut tersebut.

Rohani menyatakan, penghargaan yang diterima oleh Wali Kota dari BPK Malut karena progres penyelesaian tindaklanjut hasil pemeriksaan dari BPK sudah di atas 80 persen.

“Menyangkut dengan capaian atau progres yang sudah diperoleh saat ini, Wali Kota juga sudah berkomitmen bahwa rekomendasi BPK ditindaklanjuti, progresnya akan terus dipantau oleh TPKD yang ada di Inspektorat,” sebut Rohani seraya memastikan TPKD akan lebih maksimal untuk menaikkan presentase tindaklanjut tersebut.

Sementara itu, usai menerima penghargaan, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman mengatakan jika Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) tersebut merupakan rangkaian kegiatan pemantauan yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kota Ternate guna memastikan bahwa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah melaksanakan rekomendasi hasil pemeriksaan sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan.

Menurut Wali Kota, dari proses penyelesaian tindak lanjut temuan hasil pemeriksaan tersebut maka dapat diketahui komitmen pimpinan OPD terhadap hasil pemeriksaan dan arti pentingnya kegiatan pemeriksaan bagi peningkatan kinerja OPD.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Ternate itu berharap, penghargaan yang diterima Pemkot Ternate tidak membuat OPD berpuas dir, namun dengan penghargaan ini, OPD di lingkup Pemkot Ternate lebih termotivasi untuk meni gkatkan kinerja.

“Penghargaan ini bisa menjadi motivasi kita untuk menjadi lebih baik kedepan. Saya berharap kinerja kita bisa terus meningkat agar nantinya dapat meminimalisir temuan-temuan,” pesan Wali Kota.

Sumber: IndoTimur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *