Rakor Tim Pembina Samsat Malut Bahas Peningkatan Pelayanan Wajib PKB

0
samsat

TIMESINDONESIA, TERNATE – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kembali menggelar rapat koordinasi pembina Samsat Provinsi Maluku Utara (Malut), di Ternate, Kamis (17/3/2022).

Rakor ini dihadiri oleh Kepala Bapenda Zainab Alting sekaligus mewakili Gubernur membuka acara tersebut, kemudian Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Malut, Kombes Pol. Hari Santoso, Kepala Perwakilan PT. Jasa Raharja Maluku Utara Bapak M. Nurul Subekti, Kapala bank Maluku Malut Bapak Syamsul Umar, serta Kepala-kepala UPTD Samsat kabupaten/kota dan sejumlah pejabat eselon 3 dan 4 beserta staf di lingkungan Bapenda Provinsi Maluku Utara.

Zainab Alting menyampaikan bahwa pertemuan hari ini memiliki makna strategis. Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat Provinsi Maluku Utara diselenggarakan setiap tahun dengan tujuan peningkatan koordinasi penyelenggaraan
pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yg dikelola oleh Bapenda dan penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yg dikelola oleh DITLANTAS serta Dana Santunan oleh PT. Jasa Raharja.

“Melalui evaluasi kegiatan dan rencana peningkatan pelayanan, untuk dapat melakukan koordinasi yang maksimal kepada seluruh pemangku kepentingan,” ujar Zainab.

Peningkatan pelayanan tersebut dihadirkan dalam rapat koordinasi. Peninjauan ke lapangan untuk melihat operasional pelayanan juga menjadi bagian dari rapat koordinasi ini. Peningkatan pelayanan publik khususnya pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan PNBP sudah menjadi komitmen Tim Pembina Samsat Maluku Utara. 

Menurutnya, banyak langkah dan cara peningkatan pelayanan tersebut dilakukan. Salah satu aktivitas rutin yang dilakukan adalah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat Maluku Utara.

Dengan diselenggarakannya Rapat Koordinasi ini diharapkan peningkatan kualitas pelayanan yang signifikan akan dapat dirasakan ole masyarakat.

“Muara dari seluruh rangkaian kegiatan ini adalah peningkatan pendapatan daerah dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor,” jelasnya 

Sebelum mengakhiri sambutannya, ia mengajak kepada seluruh pihak yang tergabung dalam Samsat dapat menyelesaikan masalah secara bersama, baik kendala teknis dan non teknis, untuk kemudian melakukan evaluasi dan analisa untuk lebih meningkatkan pelayanan terhadap wajib pajak.

“Semoga kegiatan ini dapat memetakan kekuatan, solusi terkait peningkatan PAD dan PNBP harapnya sembari membuka secara resmi Rakor pembina Samsat Malut 2022. 

Sumber: Times Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *